PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PADA PT. MatahariPutra
Prima, Tbk. (HypermartSupermall Cianjur)
JALAN
K.H Abdullah Bin Nooh No.1 Cianjur JawaBarat
Dianjukan
untuk memenuhi tugas akhir pelaksanaan
Oleh:
Nama : Fatimah Erianti
NIS :
151610547
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA
BARAT
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 CIANJUR
JalanSiliwangi No.41 Telp (0261) 261265
2017
LEMBAR PENGESAHAN
Cianjur, 25
Februari 2017
PembimbingSekolah Penulis
Dra.
Hj. SitiRochanah FatimahErianti NIP.
196011141986032007 NIS. 151610547
Pembimbing
DU/DI
RebiFebriyanto, S.E NIK.9658
Mengetahui,
KetuaPaketKeahlianPemasaran
GiniRoliah, S.Pd
NIP.
196908131997022001
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktik
Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan
pengalaman belajar bagi siswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di
lembaga BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan Instansi setempat. Program Praktik
Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kerja sama antara SMK dengan
industri-industri yang terkait dengan jurusan yang diambil oleh siswa, agar
siswa menerima petunjuk dan bimbingan yang sangat berarti dalam bentuk kegiatan
pelatihan serta pengenalan terhadap sistem operasional, etika perusahaan,
organisasi dan hirarki dalam perusahaan. Program ini juga diharapkan dapat
memberikan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak yaitu sekolah dan
industri. Dasar dari pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah :
a. Tercantum
pada UU No.2 tahun 1989 tentang pendidikan nasional yaitu untuk menyiapkan
peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi
perannya di masa yang akan datang.
b. Peraturan
Pemerintah No.29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan
meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam
mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar
dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada
jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta kebudayaan
c. Peraturan
pemerintah No 39 tahun1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan
nasional
d.
Keputusan
Mentri No 0490/1993 tentang kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan
pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan di dalam sekolah dan
pendidikan di luar sekolah “.
1.2 Tujuan PKL
1. Melatih
dan mengembangkan sumber daya manusia melalui sarana dan fasilitas yang
terdapat dalam industri terkait guna memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja
profesional di masa yang akan dating
2. Memberikan
sebuah bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja dan
menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi.
3. Memberikan
kesempatan kepada siswa PKL untuk dapat menyatukan pengetahuan dan ketrampilan
yang dimiliki dengan wawasan kegiatan suatu bidang usaha agar mereka dapat
lebih percaya diri dan selalu mandiri dalam perkembangan karir di masa yang
akan datang
4. Menambahkan
kepada para siswa PKL sebuah pengertian akan lingkungan organisasi bidang usaha
komplek dengan berbagai kegiatan di dalamnya
5. Mmbantu
industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademik
Tujuan Umum
1. Menghasilkan
tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerj ayang memiliki tingkat
pengetahuan, ketrampilan, etos kerja yang sesui dengan tintunan lapangan
pekerjaam
2.
Meningkatka
efektifitan dan efesiensi proses pendidikan dan peltihan kerja berkualitas
Tujuan
khusus
1. Memahami
karakteristik perusahaan/Dunia Industri
2. Mengenal
dan memahami perusahaan/Dunia Industri dengan segala bentuk dan kegiatannya
3. Melatih
kemandirian bagi siswa
4.
Menumbuhkan
semangat jiwa wiraswasta bagi siswa
5.
Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai dengan program keahliannya dan
tuntutan Dunia Usaha/Industri
6. Memberikan
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai pendidikan.
1.4 Kerangka Laporan
Kerangka Laporan adalah berisi uraian singkat setiap bab, mulai
dari BAB I hingga ke- BAB III, dimana uraian ini memberikan gambaran secara
langsung tentang isi dari tiap-tiap bab yang ada dalam laporan ini. Adapun
kerangka dari laporan ini adalah sebagai berikut:
BAB I Bab
ini membahas tentang Latar Belakang, Tujuan Prakerin, Waktu dan Tempat
Prakerin, dan Kerangka Laporan
BAB II Bab ini membahas tentang Sejarah singkat
Perusahaan, Visi & Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Bidang Pekerjaan,
Proses Kerja yang dilaksanakan, serta manfaat yang dirasakan
BAB III Bab ini membahas bab penutup yang berisi kesimpulan dan
saran, baik bagi perusahaan maupun bagi SMKN 1 Cianjur
BAB II
PELAKSANAAN KERJA PADA PT. MATAHARI
PUTRA PRIMA Tbk.
(
HYPERMARTSUPERMALL CIANJUR )
1.1 Sejarah
Perusahaan
Matahari bermula dari suatu toko kecil seluas 150 m2 di daerah Pasar
Baru Jakarta bernama Mickey Mouse yang didirikan oleh Bapak Harry Darmawan beserta
istrinya, Anna Janti pada tangal 24 Oktober 1958. Tahun itu merupakan tonggak
sejarah bagi usaha ritel Matahari. Pak Harry beserta istrinya bahu membahu
merintis usaha mereka dengan cara menjual pakaian yang dijahit langsung oleh
istrinya dengan dibantu karyawannya yang berjumlah sepuluh orang pada waktu
itu.
Saat itu suasana politik dan keamanan di Jakarta sangatlah rawan.Pak
Harry tidak tinggal diam, beliau bersama para pengusaha Pasar baru membentuk
organisasi keamanan yang kesemuanya keturunan Cina. Salah seorang angota lain adalah Pak Mulyadi
(alm) pemilik toko Panca Sinar (sebelah Mickey Mouse)
Pada tahun 1972 Hary Darmawan memutuskan
untuk membeli toko De Zon yang luasnya enam kali lebih basar Mickey Mouse.
Harry menerjemahkan nama toko berbahasa Belanda itu menjadi arti yang sama
yaitu Matahari. Merasa yakin akan
perkembangan usahanya, Hary berani meminjam uang dari bank yang digunakanya
untuk merenovasi total toko tersebut dengan menghadirkan fasilitas escalator
pertama di Jakarta. Tercatat Store Manager untuk toko Matahari pertama ini
adalah Kho Tjoeng.
Pada masa itu pula logo matahari diciptakan
oleh sahabat Harry sendiri seorang berkebangsaan Jepang yang bernama Mr.
Takashi. Penataan barang di toko pada waktu itu juga bergaya Jepangsedangkan barang yang dijual banyak merupakan barang import
karena produksi lokal tidak ada. Pada masa itu Matahari merupakan toko yang
paling ekslusif di Indonesia.Ini menjadikan kawasan Pasar Baru menjadi ramai
dan lebih hidup.
Sekitar tahun 1975, terjadi perubahan
kebijakan di bidang perdagangan RI, yaitu larangan barang dari luar negeri.
Sejak saat itu matahari mengubah target pasarnya menjadi kelas menengah dan
banyak menjual pakaian dalam negeri. Pemasok pertamanya antara lain perusahaan
Great River Indonesia. Perlahan tapi pasti matahari mulai merambah ke kota-kota
besar seperti Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan dan Cirebon.
Perkembangan toko Matahari diawali dengan
toko yang tidak memiliki badan hukum dan kemudian menjadi memiliki badan hukum
yang berbeda setiap mendirikan toko. Akhirnya pada tahun 1986 resmilah nama
badan hukum usaha ini menjadi PT. Matahari Putra Prima, Tbk. sebuah usaha yang
bergerak dibidang ritel dengan nama
produk: Matahari Departemen Store dan Matahari Supermarket. Pada tahun 1992,
menejemen Matahari memutuskan untuk Go Public.Dengan demikian resmilah
perusahaan ini bernama PT. Matahari Putra Pima, Tbk.Perusahaan ini dipimpin
oleh Presiden Direktur yang sebelumnya dipegang oleh Harry Darmawan sebagai
pendiri, pemilik dan pelaksana. Dengan nama jabatan resmi Diretur Matahari
Group. Hingga sekarang PT. Matahari Putra Prima, Tbk. sudah mengalami dua kali
pergantian Presiden Direktur.Yang pertama adalah Harry Darmawan (1992 –
1997).Pergantian Presiden Direktur yang
pertama terjadi pada tahun 1996 yaitu Harry Darmawan kepada Hengky Tjitra (1997 – 1999) selanjutnya A.H Komala
(1999 – 2004) dan berikutnya kepada Dr. Cheng Cheng Wen ( 2004 – sekarang )
Pada awalnya unit bisnis Matahari adalah
Supermarket, Departemen Store, Time Zone, Cut Price. Pada bulan April 2004
Matahari menampilkan konsep terbaru pusat perbelanjaan yaitu Hypermart dan yang
pertama berlokasi di Serpong Tangerang, disusul kemudian Hypermart Metropolis,
Karawaci dll hingga bulan Desember 2007 sudah
terdapat 36 Hypermart tersebar
diseluruh Indonesia salah satunya Hypermart Cianjur yang merupakan toko
Hypermart ke 36 yang di resmikan pada tanggal 19 Desember 2007 di JL KH
Abdullah Bin Nuh No 01 Cianjur.
Vision
an mission
a. Vision
Menjadi retailer multi format nomor 1 di
Indonesia
b. Mission
Mengubah matahari food business menjadi
peritel kelas dunia dengan berbagai format yang menghasilkan lebih baik dari
pasar penjualan dan pertumbuhan keuntungan terus menerus.
Nilai-nilai
yang dianut
1. Selalu memperbaiki pelayanan kepada
pelanggan dan rekan kerja
2. Menciptakan dan mengembangkan lingkungan
kerja yang bebas dari saling menyalahkan
3.Jujur dan loyal dalam segala hal yang
dikerjakan selalu berusaha melakukan perbaikan di semua tingkatan
4.Selalu berusaha untuk terus belajar dan
belajar satu sama lain Dan diatas segalanya perusahaan mengagungkan Tuhan
Itulah mengenai sejarah singkat, visi misi
serta nilai-nilai yang dianut oleh PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.
Struktur
Organisasi
Struktur Manajemen Hypermart Supermall Cianjur 343
Struktur Manajemen :
- Store General
Manager
: Kukuh Marsiwi
- Divisi Manager Groceries Elbaso
: Setyanto
Departemen Manager Bazzar
: Dedi Effendi
Team Leader Bazzar
:
Rusman
Departemen Manager Elektronik
: Rebi Febriyanto
Team Leader Elektronik
: Dani
Hamdani
Departemen Manager Softline
: Dodi Afriadi
Team Leader
Softline
: Iip Iskandar
- Divisi Manager
Fresh
: Ike Meita Sari
Departemen Manager Groceries Food and Drink :
Asep R
Team Leader Groceries Food
: Rizal L
Team Leader Groceries drink
: Arno R
Departemen Manager Meat and Seafood :
Rochmat Subagja
Team Leader Meat and fish
: Panji Rifan
Departemen Manager Produce
: Fitri
Apriani
Team Leader
Produce
:
Pirman M
Departemen Manager Bakery dan RTE
: Ruslan
Team Leader Bakery
: M. Ridwan
- Divisi
Supporting
Team Leader
Personalia
: Daud Yusuf
Departemen Manager Front
End
: Lela Handayani
Team Leader Front
End
: Ridwan Maulana
Team Leader Front
End
: Mirani M
Departemen Back End
: Yus Nandi
Team Leader Back
End
:Ahmad
Departemen Manager Loss Prevention
: Riki Apriliansyah
Team Leader
LP
: Hadi Nasami
1.2 Bidang
Pekerjaan
Bidang pekerjaan yang ada di Hypermart
Cianjur terdiri dari beberapa macam, setiap orang berada di setiap bidang
pekerjaan mempunyai tanggung jawab dan kewajibannya masing-masing. Secara garis
besar bidang pekerjaan di Hypermart dibagi menjadi :
1.
Store
General Manager atau dikenal dengan sebutan ‘S01’ adalah Manager toko secara
keseluruhan dan menempati kedudukan yang mempunyai peran penting di toko.
Selain itu juga bertugas memberikan motivasi kepada bawahannya agar mereka
mempunyai semnagat yang optimal sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan
cepat dan tuntas.
2. Divisi Manager adalah Manager yang menempati
kedudukan kedua setelah S01. Divisi manager pun mempunyai tugas yang harus
dilaksanakan. Divisi Manager di Hypermart terdiri dari dua orang yaitu Divisi
Manager Groceries ElBaSo dan Divisi Manager Fresh.
3.
Departement
Manager adalah Manager yang memiliki kedudukan kedua setelah Divisi Manager.
Departement Manager bertanggung jawab atas Departemennya masing-masing.
4.
Team
Leader yaitu ketua dari staff dari masing-masing Departemen. Umumnya Team
Leader terdiri satu sampai dua orang. Tugasnya adalah menggerakkan bawahannya
(staff) dalam rangka menyelesaikan suatu pekerjaan.
5.
Staff
adalah karyawan yang melakukan pekerjaan di area secara langsung atas bimbingan
dari Team Leader dan Departement Manager.
6.
SPG
(Sales Promotional Girl) dan SPM (Sales Promotional Man) adalah sales
produk-produk tertentu atau orang-orang tertentu yang kerjanya difokuskan pada
suatu produk agar bisa terjual sesuai dengan yang diharapkan.
Bidang pekerjaan yang dilakukan oleh
Hypermart Cianjur beraneka ragam diantaranya:
a.
Divisi
Groceries yang terdiri Departement Food and Drink, Health Beauty Care
b. Divisi Nonfood yang
terdiri dari Departement Bazaar, Softline, dan Elektronik.
c.
Divisi
Fresh yang terdiri dari Departement Produce, Meat and Sea Food, Dairy Frozen
dan Bakery.
d.
Divisi
Supporting yang terdiri Departement EDP (Entry Data Processing), Visual
Merchandising (VM), Receiving, Cashier, CSO (Customer Servise Office), Finance
& Acconting, Personalia, Maintenance dan Loss Prevention.
1.3 Proses
Kerja yang Dilaksanakan
Departement Bazaar
Bazaar adalah Departement yang menyediakan
barang-barang perlengkapan rumah tangga, perlengkapan olahraga, mainan,
peralatan kantor, perabotan rumah tangga dan sebagainya. Bazaar dibagi menjadi
beberapa bagian yaitu:
©
DIY (Do
It Yourself)
©
Automotif
©
Stationary
©
Sport
©
Toys
©
House
hold
©
Melamine
©
Cleaning
©
Furniture
©
Gardening
©
Cat
& Dog Food
Tanggung
Jawab dan Wewenang
1.
Melaksanakan
kegiatan oprasional bagiannya, seperti promosi in store, display, penanganan
produk supaya produk tidak rusak dan dapat terjual untuk mencapai target
2.
Bertanggung
jawab untuk bekerja sesuai dengan schedule kerja harian, mingguan, bulanan yang
telah dibuat sehingga operasional kerja dapat berjalan lancer
3.
Melakukan
pencatatan dan melaporkan data proses kepada Team Leader Bazaar atas
barang-barang yang tidak terjual serta melakukan proses atas barang-barang yang
tidak layak display
4.
Melakukan
pengecekan pengecekan penerimaan barang yang dating dan mengatur distribusinya
sesuai dengan kebutuhan secara tepat dan rapi untuk mendapatkan produk yang
bermutu baik dan sesuai standar yang ada
5.
Bertanggung
jawab membantu Departemen Manager dan Team Leader Bazaar dalam mengendalikan
dan mengatur penerimaan serta penyimpanannya dengan benar
6.
Bertanggung
jawab dalam penggunaan utensils (perabot), equipment (peralatan) yang tersedia,
beroperasi dengan baik dan merawat (maintenance) guna menunjang operasional di
Departemennya
7.
Bertanggung
jawab dalam pelaksanaan kebersihan (sanitasi) dan penerapan GMP (Good
Manufacturing Practice) atau praktek manufaktur yang baik di area gudang, dan
selling area, serta menerapkan K3 (Keamanan dan Keselamatan Kerja)
8.
Melaksanakan
administrasi data atas barang-barang dan melaporkan kepada atasan
9.
Bekerjasama
dengan Departement Manager dan Team Leader Bazaar dalam meningkatkan sales,
menurunkan stock days dan shrinkage
10. Bertanggung jawab untuk selalu bekerja dengan
menjaga penampilan diri termasuk dalam menggunakan saeragam sesuai standar
(standard uniform) yaitu baju, sepatu, celana hitam, dan name tag
11. Bertanggung jawab membantu Departement
Manager dan Team Bazaar dalam mengontrol kualitas dan mutu fisik produk yang
dijual di Departement Bazaar
12. Bertanggung jawab membantu Departemen Manager
dan Team Leader Bazaar atas ketersediaan item-item promosi ditoko, termasuk
perangkat promosi seperti POP (Point Of Purchase) dan Show card (Katalog,
koran, dll)
13. Bertanggung jawab dalam memberikan service
level kepada customer di Departemen Bazaar sesuai dengan target yang telah
ditetapkan
Sifat
dan Ruang Lingkup Bazaar
Pemegang jabatan bertanggung jawab untuk melaporkan hasil
tugasnya kepada Team Leader Bazaar, yaitu meliputi pelaksanaan penerimaan
barang, pendisplayan barang, penanganannya. Produk Bazaar yang diterima
Hypermart berasal dari Supplier dan DC Balaraja.
Pemangku
jabatan ini dituntut untuk bekerja dengan kecepatan dan ketelitian kerja,
hati-hati dalam penanganan produk barang dan peduli terhadap pelayanan kepada
pelanggan. Terhadap masalah yang timbul dibagiannya, pemegang jabatan diberikan
wewenang untuk menyelesaikan sendiri atas sepengetahuan atasan (Team Leader
Bazaar), apabila dianggap perlu diminta bantuan langsung kepada Team Leader.
Display
Produk
Display Produk yaitu penataan produk di area dengan rapi
dan menggunakan vertical colouring, Mendisplay Produk juga harus sampai dengan
bibir selving agar terlihat rapi dan sejajar. Mendisplay Produk harus
berdasarkan katergori, produk juga harus selalu tetap bersih agar menarik
customer.
Produk
Knowladge
Produk
Knowladge adalah produk yang memerlukan pengetahuan atau produk tersebut perlu
diketahui cirri-ciri, kegunaan, cara pemakaian, manfaat atau produk Knowladge
adalah produk yang memerlukan penjelasan untuk dapat menjelaskan kepada customer.
Customer
Service
Untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat berbelanja
pendisplayan produk di area harus sesuai dengan Planogram yang telah di
tentukan oleh perusahaan. Gunanya mempermudah pelanggan untuk mengambil barang.
Uniform
(Seragam)
Uniform
atau seragam adalah pakaian kerja resmi beserta atribut-atributnya yang
diberikan oleh perusahaan kepada masing-masing keryawan yang wajib dipakai
ketika karyawan tersebut akan memasuki tempatnya bekerja untuk memulai
aktivitas bekerjanya. Uniform (seragam) kerja dalam suatu perusahaan biasanya
sudah distandarkan oleh masing-masing perusahaan yang bersangkutan, demikian
pula dalam Departemen Bazaar.
1.4 Manfaat
yang dirasakan
Banyak pelajaran yang saya dapatkan di Dunia
Usaha. Dan sangat banyak manfaat yang dirasakan selama melaksanakan Praktik
Kerja Lapangan di PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk. Yaitu :
1. Meningkatkan rasa
percaya diri dan rasa professional dalam bekerja.
2. Melatih tanggung
jawab, disiplin, inisiatif, kreatifitas, motivasi dalam bekerja, emosi, etika,
kerjasama, tingkah laku.
3.
Lebih
mengenal perusahaan dibidang Ritel yaitu PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.
4.
Belajar
bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungan Dunia Usaha
5. Dapat menerapkan ilmu
teoriyang di tekuni selama disekolah
6.
Dapat
mengetahui bagaimana cara melayani customer dengan baik.
BAB III
PENUTUP
1.1 Simpulan
Kesimpulan dari laporan ini adalah saya dapat berbagai manfaat dari Praktik Kerja Lapangan
di PT. PUTRA PRIMA Tbk. Saya bisa mendapatkan pengalaman serta pembelajaran yang belum saya dapatkan
di sekolah. Saya juga menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan
terbiasa bersosialisasi dengan Dunia Usaha. Saya ingin Ilmu yang saya dapatkan di
Dunia Usaha menjadi bekal untuk di masa yang akan datang.
1.2 Saran untuk peserta Prakerin
ร Siswa harus lebih disiplin
dan serius menjalani Prakerin
ร Siswa harus mampu bekerja dan berfikir cepat dalam melakukan berbagai hal
ร Siswa harus dapat bersosialisasi dengan Dunia Usaha
ร Mampu Memanfaatkan peluang untuk mendapatkan nilai
yang baik dari prakerin
1.2 Lampiran
ร Memasang Price Tag
ร Mendisplay container
ร Membuat Price Card
ร Membuat Barcode SKU (Stock Keeping Unit)
ร Anniversary Hypermart ke 9th
Apakah saat pkl dapat uang saku?
BalasHapusnope
HapusSands Casino: How To Win At Slot Machines - Sega
BalasHapusWelcome to deccasino Sands Casino! Here is how to win ์ ์ ์นด์ง๋ ธ at slot machines, and the online slots machines you can play! From classic slots to a game of chance! Rating: 4.5 · ์์ฆ์นด์ง๋ ธ 21 reviews
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - KSH
BalasHapusHotel Amenities · 1.8 ์ถฉ์ฒญ๋ถ๋ ์ถ์ฅ๋ง์ฌ์ง mi. Casino ์ฒญ์ฃผ ์ถ์ฅ๋ง์ฌ์ง · 2.1 kitted out · 3.5K ๊ฒฝ์ฃผ ์ถ์ฅ์๋ง people · 4.7k ์์ฒ ์ถ์ฅ์๋ง people. The casino features 704 slot machines, 614 slot machines and 716 ์ ๋ผ๋จ๋ ์ถ์ฅ์ต table