Jumat, 10 Maret 2017

contoh Laporan PKL PT, Matahari Putra Prima, Tbk.

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
PADA PT. MatahariPutra Prima, Tbk. (HypermartSupermall Cianjur)
JALAN K.H Abdullah Bin Nooh No.1 Cianjur JawaBarat


Dianjukan untuk memenuhi tugas akhir pelaksanaan


Oleh:

                               Nama                                       : Fatimah Erianti
                                  NIS                                          : 151610547
                                  Paket keahlian                         : PEMASARAN




DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 CIANJUR
JalanSiliwangi No.41 Telp (0261) 261265
2017

                 
LEMBAR PENGESAHAN



                                Cianjur, 25 Februari 2017
PembimbingSekolah                                                                                   Penulis


Dra. Hj. SitiRochanah                                                                                  FatimahErianti                     NIP. 196011141986032007                                                                          NIS. 151610547
                                                                       
           
         Pembimbing DU/DI


         RebiFebriyanto, S.E                                                                                              NIK.9658


         Mengetahui,
         KetuaPaketKeahlianPemasaran


         GiniRoliah, S.Pd                                              

         NIP. 196908131997022001


BAB 1
  PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi siswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di lembaga BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan Instansi setempat. Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kerja sama antara SMK dengan industri-industri yang terkait dengan jurusan yang diambil oleh siswa, agar siswa menerima petunjuk dan bimbingan yang sangat berarti dalam bentuk kegiatan pelatihan serta pengenalan terhadap sistem operasional, etika perusahaan, organisasi dan hirarki dalam perusahaan. Program ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak yaitu sekolah dan industri. Dasar dari pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah :
a.    Tercantum pada UU No.2 tahun 1989 tentang pendidikan nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi perannya di masa yang akan datang.
b.      Peraturan Pemerintah No.29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta kebudayaan
c.       Peraturan pemerintah No 39 tahun1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional
d.      Keputusan Mentri No 0490/1993 tentang kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan di dalam sekolah dan pendidikan di luar sekolah “.
1.2 Tujuan PKL
1.      Melatih dan mengembangkan sumber daya manusia melalui sarana dan fasilitas yang terdapat dalam industri terkait guna memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional di masa yang akan dating
2.      Memberikan sebuah bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja dan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi.
3.      Memberikan kesempatan kepada siswa PKL untuk dapat menyatukan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki dengan wawasan kegiatan suatu bidang usaha agar mereka dapat lebih percaya diri dan selalu mandiri dalam perkembangan karir di masa yang akan datang
4.      Menambahkan kepada para siswa PKL sebuah pengertian akan lingkungan organisasi bidang usaha komplek dengan berbagai kegiatan di dalamnya
5.      Mmbantu industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademik
Tujuan Umum
1.      Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerj ayang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan, etos kerja yang sesui dengan tintunan lapangan pekerjaam
2.      Meningkatka efektifitan dan efesiensi proses pendidikan dan peltihan kerja berkualitas
Tujuan khusus
1.      Memahami karakteristik perusahaan/Dunia Industri
2.      Mengenal dan memahami perusahaan/Dunia Industri dengan segala bentuk dan kegiatannya
3.      Melatih kemandirian bagi siswa
4.      Menumbuhkan semangat jiwa wiraswasta bagi siswa
5.      Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai dengan program keahliannya dan tuntutan Dunia Usaha/Industri
6.      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai pendidikan.
1.4 Kerangka Laporan
Kerangka Laporan adalah berisi uraian singkat setiap bab, mulai dari BAB I hingga ke- BAB III, dimana uraian ini memberikan gambaran secara langsung tentang isi dari tiap-tiap bab yang ada dalam laporan ini. Adapun kerangka dari laporan ini adalah sebagai berikut:
BAB I             Bab ini membahas tentang Latar Belakang, Tujuan Prakerin, Waktu dan Tempat Prakerin, dan Kerangka Laporan
BAB II  Bab ini membahas tentang Sejarah singkat Perusahaan, Visi & Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Bidang Pekerjaan, Proses Kerja yang dilaksanakan, serta manfaat yang dirasakan

BAB III Bab ini membahas bab penutup yang berisi kesimpulan dan saran, baik bagi perusahaan maupun bagi SMKN 1 Cianjur
BAB II
PELAKSANAAN KERJA PADA PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.
( HYPERMARTSUPERMALL CIANJUR )
1.1  Sejarah Perusahaan
Matahari bermula dari suatu toko kecil seluas 150 m2 di daerah Pasar Baru Jakarta bernama Mickey Mouse yang didirikan oleh Bapak Harry Darmawan beserta istrinya, Anna Janti pada tangal 24 Oktober 1958. Tahun itu merupakan tonggak sejarah bagi usaha ritel Matahari. Pak Harry beserta istrinya bahu membahu merintis usaha mereka dengan cara menjual pakaian yang dijahit langsung oleh istrinya dengan dibantu karyawannya yang berjumlah sepuluh orang pada waktu itu.
Saat itu suasana politik dan keamanan di Jakarta sangatlah rawan.Pak Harry tidak tinggal diam, beliau bersama para pengusaha Pasar baru membentuk organisasi keamanan yang kesemuanya keturunan Cina. Salah seorang angota lain adalah Pak Mulyadi (alm) pemilik toko Panca Sinar (sebelah Mickey Mouse)
Pada tahun 1972 Hary Darmawan memutuskan untuk membeli toko De Zon yang luasnya enam kali lebih basar Mickey Mouse. Harry menerjemahkan nama toko berbahasa Belanda itu menjadi arti yang sama yaitu Matahari. Merasa yakin  akan perkembangan usahanya, Hary berani meminjam uang dari bank yang digunakanya untuk merenovasi total toko tersebut dengan menghadirkan fasilitas escalator pertama di Jakarta. Tercatat Store Manager untuk toko Matahari pertama ini adalah Kho Tjoeng.
Pada masa itu pula logo matahari diciptakan oleh sahabat Harry sendiri seorang berkebangsaan Jepang yang bernama Mr. Takashi. Penataan barang di toko pada waktu itu juga bergaya Jepangsedangkan barang yang dijual banyak merupakan barang import karena produksi lokal tidak ada. Pada masa itu Matahari merupakan toko yang paling ekslusif di Indonesia.Ini menjadikan kawasan Pasar Baru menjadi ramai dan lebih hidup.
Sekitar tahun 1975, terjadi perubahan kebijakan di bidang perdagangan RI, yaitu larangan barang dari luar negeri. Sejak saat itu matahari mengubah target pasarnya menjadi kelas menengah dan banyak menjual pakaian dalam negeri. Pemasok pertamanya antara lain perusahaan Great River Indonesia. Perlahan tapi pasti matahari mulai merambah ke kota-kota besar seperti Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan dan Cirebon.
Perkembangan toko Matahari diawali dengan toko yang tidak memiliki badan hukum dan kemudian menjadi memiliki badan hukum yang berbeda setiap mendirikan toko. Akhirnya pada tahun 1986 resmilah nama badan hukum usaha ini menjadi PT. Matahari Putra Prima, Tbk. sebuah usaha yang bergerak dibidang ritel  dengan nama produk: Matahari Departemen Store dan Matahari Supermarket. Pada tahun 1992, menejemen Matahari memutuskan untuk Go Public.Dengan demikian resmilah perusahaan ini bernama PT. Matahari Putra Pima, Tbk.Perusahaan ini dipimpin oleh Presiden Direktur yang sebelumnya dipegang oleh Harry Darmawan sebagai pendiri, pemilik dan pelaksana. Dengan nama jabatan resmi Diretur Matahari Group. Hingga sekarang PT. Matahari Putra Prima, Tbk. sudah mengalami dua kali pergantian Presiden Direktur.Yang pertama adalah Harry Darmawan (1992 – 1997).Pergantian  Presiden Direktur yang pertama terjadi pada tahun 1996 yaitu Harry Darmawan kepada Hengky  Tjitra (1997 – 1999) selanjutnya A.H Komala (1999 – 2004) dan berikutnya kepada Dr. Cheng Cheng Wen ( 2004 – sekarang )
Pada awalnya unit bisnis Matahari adalah Supermarket, Departemen Store, Time Zone, Cut Price. Pada bulan April 2004 Matahari menampilkan konsep terbaru pusat perbelanjaan yaitu Hypermart dan yang pertama berlokasi di Serpong Tangerang, disusul kemudian Hypermart Metropolis, Karawaci dll hingga bulan Desember 2007 sudah  terdapat 36 Hypermart  tersebar diseluruh Indonesia salah satunya Hypermart Cianjur yang merupakan toko Hypermart ke 36 yang di resmikan pada tanggal 19 Desember 2007 di JL KH Abdullah Bin Nuh No 01 Cianjur.
Vision an mission
a. Vision
Menjadi retailer multi format nomor 1 di Indonesia
b. Mission
Mengubah matahari food business menjadi peritel kelas dunia dengan berbagai format yang menghasilkan lebih baik dari pasar penjualan dan pertumbuhan keuntungan terus menerus.
Nilai-nilai yang dianut
1. Selalu memperbaiki pelayanan kepada pelanggan dan rekan kerja
2. Menciptakan dan mengembangkan lingkungan kerja yang bebas dari saling menyalahkan
3.Jujur dan loyal dalam segala hal yang dikerjakan selalu berusaha melakukan perbaikan di semua tingkatan
4.Selalu berusaha untuk terus belajar dan belajar satu sama lain Dan diatas segalanya perusahaan mengagungkan Tuhan
Itulah mengenai sejarah singkat, visi misi serta nilai-nilai yang dianut oleh PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.
Struktur Organisasi
Struktur Manajemen Hypermart Supermall Cianjur 343
Struktur Manajemen  :
  1. Store General Manager                                         : Kukuh Marsiwi
  2. Divisi Manager Groceries Elbaso                          : Setyanto
Departemen Manager Bazzar                                    : Dedi Effendi
Team Leader Bazzar                                              : Rusman
Departemen Manager Elektronik                              : Rebi Febriyanto
Team Leader Elektronik                                          : Dani Hamdani
Departemen Manager Softline                                   : Dodi Afriadi
Team Leader Softline                                                    : Iip Iskandar
  1. Divisi Manager  Fresh                                            : Ike Meita Sari
Departemen Manager Groceries Food and Drink     : Asep R
Team Leader Groceries Food                                       : Rizal L
Team Leader Groceries drink                                       : Arno R
Departemen Manager Meat and Seafood         : Rochmat Subagja
Team Leader Meat and fish                                      : Panji Rifan
Departemen Manager Produce                                  : Fitri Apriani
Team Leader Produce                                          : Pirman M
Departemen Manager Bakery dan RTE                       : Ruslan
Team Leader Bakery                                                 : M. Ridwan 
  1. Divisi Supporting                                   
Team Leader Personalia                                                  : Daud Yusuf
Departemen Manager Front  End                                    : Lela Handayani
Team Leader Front End                                                  : Ridwan Maulana
Team Leader Front End                                                  : Mirani M
Departemen Back End                                                  : Yus Nandi
Team Leader Back End                                                   :Ahmad
Departemen Manager Loss Prevention                             : Riki Apriliansyah
Team Leader LP                                                            : Hadi Nasami

1.2  Bidang Pekerjaan
Bidang pekerjaan yang ada di Hypermart Cianjur terdiri dari beberapa macam, setiap orang berada di setiap bidang pekerjaan mempunyai tanggung jawab dan kewajibannya masing-masing. Secara garis besar bidang pekerjaan di Hypermart dibagi menjadi :
1.      Store General Manager atau dikenal dengan sebutan ‘S01’ adalah Manager toko secara keseluruhan dan menempati kedudukan yang mempunyai peran penting di toko. Selain itu juga bertugas memberikan motivasi kepada bawahannya agar mereka mempunyai semnagat yang optimal sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan tuntas.
2.      Divisi Manager adalah Manager yang menempati kedudukan kedua setelah S01. Divisi manager pun mempunyai tugas yang harus dilaksanakan. Divisi Manager di Hypermart terdiri dari dua orang yaitu Divisi Manager Groceries ElBaSo dan Divisi Manager Fresh.
3.      Departement Manager adalah Manager yang memiliki kedudukan kedua setelah Divisi Manager. Departement Manager bertanggung jawab atas Departemennya masing-masing.
4.      Team Leader yaitu ketua dari staff dari masing-masing Departemen. Umumnya Team Leader terdiri satu sampai dua orang. Tugasnya adalah menggerakkan bawahannya (staff) dalam rangka menyelesaikan suatu pekerjaan.
5.      Staff adalah karyawan yang melakukan pekerjaan di area secara langsung atas bimbingan dari Team Leader dan Departement Manager.
6.      SPG (Sales Promotional Girl) dan SPM (Sales Promotional Man) adalah sales produk-produk tertentu atau orang-orang tertentu yang kerjanya difokuskan pada suatu produk agar bisa terjual sesuai dengan yang diharapkan.
Bidang pekerjaan yang dilakukan oleh Hypermart Cianjur beraneka ragam diantaranya:
a.       Divisi Groceries yang terdiri Departement Food and Drink, Health Beauty Care
b.      Divisi Nonfood yang terdiri dari Departement Bazaar, Softline, dan Elektronik.
c.       Divisi Fresh yang terdiri dari Departement Produce, Meat and Sea Food, Dairy Frozen dan Bakery.
d.      Divisi Supporting yang terdiri Departement EDP (Entry Data Processing), Visual Merchandising (VM), Receiving, Cashier, CSO (Customer Servise Office), Finance & Acconting, Personalia, Maintenance dan Loss Prevention.
1.3  Proses Kerja yang Dilaksanakan
Departement Bazaar
Bazaar adalah Departement yang menyediakan barang-barang perlengkapan rumah tangga, perlengkapan olahraga, mainan, peralatan kantor, perabotan rumah tangga dan sebagainya. Bazaar dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
©      DIY (Do It Yourself)
©      Automotif
©      Stationary
©      Sport
©      Toys
©      House hold
©      Melamine
©      Cleaning
©      Furniture
©      Gardening
©      Cat & Dog Food
Tanggung Jawab dan Wewenang
1.      Melaksanakan kegiatan oprasional bagiannya, seperti promosi in store, display, penanganan produk supaya produk tidak rusak dan dapat terjual untuk mencapai target
2.      Bertanggung jawab untuk bekerja sesuai dengan schedule kerja harian, mingguan, bulanan yang telah dibuat sehingga operasional kerja dapat berjalan lancer
3.      Melakukan pencatatan dan melaporkan data proses kepada Team Leader Bazaar atas barang-barang yang tidak terjual serta melakukan proses atas barang-barang yang tidak layak display
4.      Melakukan pengecekan pengecekan penerimaan barang yang dating dan mengatur distribusinya sesuai dengan kebutuhan secara tepat dan rapi untuk mendapatkan produk yang bermutu baik dan sesuai standar yang ada
5.      Bertanggung jawab membantu Departemen Manager dan Team Leader Bazaar dalam mengendalikan dan mengatur penerimaan serta penyimpanannya dengan benar
6.      Bertanggung jawab dalam penggunaan utensils (perabot), equipment (peralatan) yang tersedia, beroperasi dengan baik dan merawat (maintenance) guna menunjang operasional di Departemennya
7.      Bertanggung jawab dalam pelaksanaan kebersihan (sanitasi) dan penerapan GMP (Good Manufacturing Practice) atau praktek manufaktur yang baik di area gudang, dan selling area, serta menerapkan K3 (Keamanan dan Keselamatan Kerja)
8.      Melaksanakan administrasi data atas barang-barang dan melaporkan kepada atasan
9.      Bekerjasama dengan Departement Manager dan Team Leader Bazaar dalam meningkatkan sales, menurunkan stock days dan shrinkage
10.  Bertanggung jawab untuk selalu bekerja dengan menjaga penampilan diri termasuk dalam menggunakan saeragam sesuai standar (standard uniform) yaitu baju, sepatu, celana hitam, dan name tag
11.  Bertanggung jawab membantu Departement Manager dan Team Bazaar dalam mengontrol kualitas dan mutu fisik produk yang dijual di Departement Bazaar
12.  Bertanggung jawab membantu Departemen Manager dan Team Leader Bazaar atas ketersediaan item-item promosi ditoko, termasuk perangkat promosi seperti POP (Point Of Purchase) dan Show card (Katalog, koran, dll)
13.  Bertanggung jawab dalam memberikan service level kepada customer di Departemen Bazaar sesuai dengan target yang telah ditetapkan
Sifat dan Ruang Lingkup Bazaar
            Pemegang jabatan bertanggung jawab untuk melaporkan hasil tugasnya kepada Team Leader Bazaar, yaitu meliputi pelaksanaan penerimaan barang, pendisplayan barang, penanganannya. Produk Bazaar yang diterima Hypermart berasal dari Supplier dan DC Balaraja.
            Pemangku jabatan ini dituntut untuk bekerja dengan kecepatan dan ketelitian kerja, hati-hati dalam penanganan produk barang dan peduli terhadap pelayanan kepada pelanggan. Terhadap masalah yang timbul dibagiannya, pemegang jabatan diberikan wewenang untuk menyelesaikan sendiri atas sepengetahuan atasan (Team Leader Bazaar), apabila dianggap perlu diminta bantuan langsung kepada Team Leader.
Display Produk
            Display Produk yaitu penataan produk di area dengan rapi dan menggunakan vertical colouring, Mendisplay Produk juga harus sampai dengan bibir selving agar terlihat rapi dan sejajar. Mendisplay Produk harus berdasarkan katergori, produk juga harus selalu tetap bersih agar menarik customer.
Produk Knowladge
            Produk Knowladge adalah produk yang memerlukan pengetahuan atau produk tersebut perlu diketahui cirri-ciri, kegunaan, cara pemakaian, manfaat atau produk Knowladge adalah produk yang memerlukan penjelasan untuk dapat menjelaskan kepada customer.
Customer Service
            Untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat berbelanja pendisplayan produk di area harus sesuai dengan Planogram yang telah di tentukan oleh perusahaan. Gunanya mempermudah pelanggan untuk mengambil barang.
Uniform (Seragam)
            Uniform atau seragam adalah pakaian kerja resmi beserta atribut-atributnya yang diberikan oleh perusahaan kepada masing-masing keryawan yang wajib dipakai ketika karyawan tersebut akan memasuki tempatnya bekerja untuk memulai aktivitas bekerjanya. Uniform (seragam) kerja dalam suatu perusahaan biasanya sudah distandarkan oleh masing-masing perusahaan yang bersangkutan, demikian pula dalam Departemen Bazaar.

1.4  Manfaat yang dirasakan
Banyak pelajaran yang saya dapatkan di Dunia Usaha. Dan sangat banyak manfaat yang dirasakan selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di PT. MATAHARI PUTRA PRIMA, Tbk. Yaitu :
1.      Meningkatkan rasa percaya diri dan rasa professional dalam bekerja.
2.      Melatih tanggung jawab, disiplin, inisiatif, kreatifitas, motivasi dalam bekerja, emosi, etika, kerjasama, tingkah laku.
3.      Lebih mengenal perusahaan dibidang Ritel yaitu PT. MATAHARI PUTRA PRIMA Tbk.
4.      Belajar bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungan Dunia Usaha
5.      Dapat menerapkan ilmu teoriyang di tekuni selama disekolah
6.      Dapat mengetahui bagaimana cara melayani customer dengan baik.

BAB III
PENUTUP
1.1  Simpulan
Kesimpulan dari laporan ini adalah saya dapat berbagai manfaat dari Praktik Kerja Lapangan di PT. PUTRA PRIMA Tbk. Saya bisa mendapatkan pengalaman serta pembelajaran yang belum saya dapatkan di sekolah. Saya juga menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan terbiasa bersosialisasi dengan Dunia Usaha. Saya ingin Ilmu yang saya dapatkan di Dunia Usaha menjadi bekal untuk di masa yang akan datang.
1.2 Saran untuk peserta Prakerin
ร˜  Siswa harus lebih disiplin dan serius menjalani Prakerin
ร˜  Siswa harus mampu bekerja dan berfikir cepat dalam melakukan berbagai hal
ร˜  Siswa harus dapat bersosialisasi dengan Dunia Usaha
ร˜  Mampu Memanfaatkan peluang untuk mendapatkan nilai yang baik dari prakerin

1.2  Lampiran
รŒ Memasang Price Tag
รŒ Mendisplay container
รŒ Membuat Price Card
รŒ Membuat Barcode SKU (Stock Keeping Unit)
รŒ Anniversary Hypermart ke 9th


4 komentar:

  1. Apakah saat pkl dapat uang saku?

    BalasHapus
  2. Sands Casino: How To Win At Slot Machines - Sega
    Welcome to deccasino Sands Casino! Here is how to win ์ œ์™• ์นด์ง€๋…ธ at slot machines, and the online slots machines you can play! From classic slots to a game of chance! Rating: 4.5 · ์ƒŒ์ฆˆ์นด์ง€๋…ธ ‎21 reviews

    BalasHapus